Selasa, 16 April 2019

Difusi Inovasi Pustakawan Dalam Mengikuti Perkembangan Infrastruktur Informasi Memasuki Era 4.0

Senin, 15 April 2019. Visiting Doctor adalah kegiatan rutin dilaksanakan oleh semua jurusan yang ada di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD). Salah satunya Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII). Dalam kegiatan Visiting Doctor kedua ini mengangkat tema “Perpustakaan Sebagai Infrastruktur Informasi Dalam Memasuki Era Industri 4.0”. Adapun narasumbernya adalah Dr. Nurdin Laugu, M.A yang merupakan dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 15 April 2019 bertempat di ruang FUAD 4 Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Pada dasarnya perkembangan teknologi, industri dan informasi merupakan suatu hal yang berbeda. Perkembangan teknologi dapat dibagi atas 5 era, yakni; (1) Era Pra Mekanik Teknologi (3000B-450 AD) satu bentuk komunikasi atau yang biasa disebut komunikasi satu arah melalui bahasa gambar berupa hewan peliharaan, (2) Era Mekanik (1450-1840 M) awal pertama terlihat berhubungan antara teknologi kini dan pendahulu, (3) Era Elektro Mekanik (1840-1940 M), (4) Era Elektro (1940-1960 M), (5) Era Informasi dan Internet (sejak 1969 www dan 1989 plat form global).
Pada tahap perkembangan industri terdiri dari; (1) Industri 1.0 (1784-1870) para ditahap ini ditandai dengan tenaga manusia dan hewan ke mesin uap oleh James Walk, (2) Industri 2.0 (1870-1970) dalam tahap ini sudah mulai terlihat perkembangan dapat dilihat dengan maraknya teknologi, motor listrik dan sebagainya, (3) Industri 3.0 memasuki perkembangan internet namun masih berupa sebatas pangkalan data saja, (4) Industri 4.0 sudah memasuki tahap internet yang kreatif banyak bermunculan internet cerdas, hal ini dapat dilihat dengan adanya banyak pilihan media sosial yang sangat komunikatif.
Lain halnya dengan perkembangan informasi, perkembangan ini mengikuti adanya perkembangan teknologi dan industri. Perkembangan informasi dapat dirinci sebagai berikut; (1) Mengacu pada jaringan komunikasi dan software untuk mendukung interaksi antara per-individu, individu dengan organisasi bahkan organisasi ke organisasi lainnya, (2) Perkembangan informasi dapat berkembang pesat dengan mengacu pada fasilitas computer dan komunikasi serta layanan yang dibutuhkan untuk memfasilitasi mengelola dan memungkinkan suatu aktifitas saat melakukan pertukaran informasi.
Jadi perkembangan teknologi dan industri sangat mempengaruhi pengelolaan informasi yang akan disebarkan kepada masyarakat. Sebagai seorang pustakawan harus bisa menyesuaikan diri dan melakukan difusi dan inovasi mengikuti era teknologi informasi internet dan industri 4.0 yang mana dapat memudahkan pustakawan dalam memencar informasi sehingga nantinya sampai ke pemustaka dengan tepat. Salah satu difusi inovasi yang dapat dilakukan pustakawan adalah dengan memanfaatkan teknologi dan industri 4.0 memaksimalkan pelayanan peminjaman buku menggunakan media HP, sehingga pemustaka merasa dimudahkan dalam pelayanan perpustakaan. Selain itu pustakawan dapat memberikan pembaharuan lainnya yang kreatif menyesuaikan dengan kebutuhan di era industry 4.0. (opl)

SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :